Kamis, 07 Mei 2009

ITP

wets wets akhirnya HELLO SUNLIGHT memulai memblog dengan blog baru nya yang ketiga hahahaha.

OK! ada yang tau kenapa gue nulis 3 huruf yang sebenernya singkatan itu ? gatau ? ok gue kasih tau ya. itu singkatan nama sebuah penyakit yang ternyata dokter memvonisnya untukku di usia hampir 17 ini. (bad? gue menanggapinya biasa aja)

ITP itu sendiri sebuah penyakit auto imun, penyakit auto imun itu ada yang namany LUPUS, ada juga yang lain kaya ITP ini. apa sih penyakit auto imun ? penyakit auto imun itu penyakit yang nyerang ke kebalan tubuh kita gitu. meskipun sama sama penyakit auto imun, tapi LUPUS sama ITP beda loohhh, bedanya gini nih yang gampang dingertiin kalo LUPUS 'tubuh benci tubuhnya sendiri' kalo ITP 'tubuh benci darahnya sendiri' so udah bisa nyimpulin belum ? biar gue kasih tau lagi deh ya, LUPUS itu nyerang smua anggota tubuh, dari mata, kulit, tangan dll, sedangkan ITP seperti yang gue alamin itu nyerangnya trombosit gue gitu.
kalo lo semua pada punya trombosit normal 150 sampe 200 an ribu gitu beda sama para penderita ITP ini. waktu dokter memvonis gue, trombosit gue hanya sekitar 109 ribu saja :(
kenapa gue kena sakit ini ? kata bu dokter pada saat masih kecil waktu proses pembentukan sumsum tubuh gur sendiri 'menolak' trus waktu penerusan darah ke smua anggota tubuh juga begitu.

trus truusssss, kalo para penderita penyakit ini mau tau kenapa sih trombositnya begitu, harus dilakuin pengambilan sumsum (errrrr ich) yang diambilnya di tulang panggul ato pinggul gitu deh gue lupa hehehe. and my friend told it was WAW! MANTAP RASANYA! temen gue nyeritain gurunya begitu juga.

ternyata gejala awal ini tuh sering mimisan tiba2 dan maaf nih ya buat para cewe katanya waktu pms darahnya banyak selama seminggu. dan gue rasa gue karena sering banget mimisan, frekuensi gue mimisan hampir 75 % dan tiap bulan pasti iya, kecuali 2 sampe 3 bulan ini. jadi agak hati2 aja nih eke kasi tau sama you you semua.

dan orang yang menderita ini biasanya pusing lemes dan ngerasa ga enak badan kalo udah kecapean dan sakitnya kambuh, huh. gue juga sering bener begitu heheheehe. penderita ITP ini hampir sama kaya LUPUS, ga boleh kena sinar matahari, dan ga boleh KECAPEAN. sedangkan gue? ckck jalan2 di sekolah biar ga bosen heehehe. dan gue harus kontrol terus 2-3 bulan hmm membosankan juga sih hehehe :p

so, it's bad Mand? i dont think so, gue ngerasa nyaman dengan keadaan yang sekarang, gue tau saat dan waktu lagi kambuh, waktu gue kecapean banget gue tau dan ngerasa semuanya. gue tau waktu lemes pusing dan ketahan tubuh mulai terserang lagi, gue tau dan ya lama kelamaan gue merasa nyaman dengan hidup gue yang begini, yang gue jalanin tersenyum dan ga biarin orang lain tau apa yang sebenernya lagi gue rasain, apa itu sakit gue ato yang lain.

jadi, sekeras apapun yang lagi lo jalanin di depan jangan pernah berhenti untuk tetap tersenyum ya, biarin aja Tuhan kasih cobaan yang pasti ga akan ngelewatin batas kemampuan lo kok ;)

3 komentar:

  1. c'est la vie Man, kita hidup dengan plus minusnya but that's it. aku juga radang usus parah ko Man gara2 tifus waktu itu malah sampe sempet berdarah kan waktu itu yg aku sebulan ga masuk hehe

    but we have to live life to the fullest, dear. all we have to do is be a nice person for everyone :) and also keep smiling!

    BalasHapus
  2. mandaaaa. tadi gw udah nulis panjang tapi ke close. hehe. manda hebat, senyum terus, ga lebay ya pastinya. haha . gw jadi rada takut deh. abis gw suka nyepelein kesehatan.males makan lah, ngabisin waktu sama kegiatan sampe tepar kadang 1 minggu ga ada istirahat dan makan jarang pastinya. salut deh sama manda. ;)

    BalasHapus
  3. kakaakk,aku baru tau kakak sakit itu,hehe. semangat terus ya kak :)

    BalasHapus

comment yuuk :)